Total: 44574
Ombudsman: Rapid Test Sudah Jadi Komoditas Dagang
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:48 WIB

Eramuslim.com – Ombudsman Republik Indonesia menilai, keluarnya surat edaran (SE) Kementerian Kesehatan terkait penetapan harga tertinggi tes cepat (rapid test) antibodi Covid-19 menunjukkan selama ini rapid test telah menjadi komoditas dagang.

Pasalnya menurut Komisioner Ombudsman RI, Alvin Lie, rapid tes yang tadi mahal, kini harganya bisa ditekan.

“Pertama, ini membuktikan selama ini biaya rapid test itu harganya gila-gilaan dan sudah menjadi komoditas dagang. Kenyataannya ini bisa ditekan menjadi Rp150 ribu,” katanya seperti melansir mediaindonesia.com, Selasa 7 Juli 2020.

Selengkapnya

Bagaimana Nasib Utang Jika Pemberi Pinjaman Meninggal?
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:33 WIB

Eramuslim – Sheikh Abul-Aziz ibn Baz mengatakan, dalam fatwa Islam dijelaskan, jika seseorang berutang, tapi saat orang tersebut ingin membayar, orang yang meminjamkan ternyata telah meninggal dunia, maka utang tersebut dapat dibayarkan melalui sedekah.

“Jika kamu meminjam dari seseorang, lalu orang tersebut meninggal dan kamu tidak mengetahui orang-orang terdekatnya, maka kamu bisa bayarkan utang itu sebagai sedekah,” ujar ahli fiqih lulusan Saudi itu yang dikutip di About Islam, Selasa (7/7).

Selengkapnya

AR. Fakhruddin: Da’i Jenaka dari Muhammadiyah
Rabu, 8 Juli 2020 - 15:57 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:18 WIB
Dengan dakwah yang sejuk, lemah lembut, jenaka, kaya humor, pergaulan yang luas dan simpatik dan tetap tegas dan teguh memegang akidah, maka dakwah-dakwah beliau bisa ditrima di kalangan masyarakat luas

Selengkapnya

Jet Pembantai Tentara Turki Diduga Pesawat yang Mau Diborong Prabowo
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:18 WIB

Eramuslim.com – Identitas jet misterius yang menyerang markas militer Turki di Pangkalan Udara al-Watiya, Libya, perlahan mulai terkuak. Ada yang menyebutkan bahwa penyerangan memakai pesawat tempur canggih milik Prancis berjenis Dassault Rafale.

Hal ini diungkapkan 218news dalam pemberitaannya seperti dikutip pada Rabu 8 Juli 2020. Disebutkan identitas jet misterius itu diungkap seorang sumber militer terpercaya media tersebut.

Selengkapnya

PPMI Assalaam Lantik Pimpinan Baru dan Resmikan Stadion
Rabu, 2020-07-08 15:48     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:03 WIB
Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam melantik pejabat pimpinan baru periode 2020-2024 sekaligus meresmikan Stadion dan gapura Assalam.

Selengkapnya

MUI Larang Investasi RUU Cipta Kerja dari Judi dan Narkotika
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 16:03 WIB

Eramuslim – Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan pandangan dan sikap terkait Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja yang sedang dikaji oleh DPR dan pemerintah. Salah satu sikap MUI adalah melarang investasi untuk beberapa sektor yang di luar azas kepatutan dan tak sesuai dengan kepentingan nasional.

Dalam surat resmi terkait pandangan dan sikap MUI terhadap RUU Cipta Kerja, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas menyampaikan MUI mengapresiasi beberapa ketentuan dalam rancangan beleid tersebut dalam bidang investasi yang bersifat terbuka dan tertutup. Namun demikian, di bidang usaha tertutup dari investasi-investasi dinilai sudah seharusnya tidak membolehkan jenis-jenis investasi tertentu.

Selengkapnya

LSI Denny JA: Ekonomi Rakyat Berada di Zona Merah
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 15:48 WIB

Eramuslim.com – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, mengatakan kecemasan publik terhadap kondisi ekonomi berada di zona merah. Menurut dia, sebesar 74,8 persen menyatakan bahwa kondisi ekonomi mereka saat pandemi COVID-19 lebih buruk dan jauh lebih buruk dibandingkan sebelum pandemi.

“Hanya 22,4 persen yang menyatakan bahwa kondisi ekonomi mereka tidak berubah dibandingkan masa sebelum COVID-19, dan hanya di bawah 5 persen yaitu 2,2 persen yang menyatakan kondisi ekonomi mereka lebih baik,” kata Ardian pada Selasa, 7 Juli 2020.

Selengkapnya

Perumpamaan Takwa dari Sayyidina Umar bin Khattab
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 15:33 WIB

Eramuslim – Sayyidina Umar bin Khattab merupakan sosok yang tegas lagi beriman teguh. Beliau juga sangat bertakwa dan senantiasa geram dengan orang-orang yang melanggar hukum Allah.

Dalam buku Keluarga Andal di Era Digital karya kumpulan penulis di Rumah Keluarga Indonesia dijelaskan, takwa merupakan sikap kehati-hatian dalam menjalani kehidupan.

Terdapat sebuah kisah mengenai percakapan Ubay bin Ka’ab dengan khalifah Sayyidina Umar bin Khattab. Bahwasannya Sayyidina Umar menjelaskan bahwa orang yang bertakwa itu adalah orang yang berhati-hati layaknya pejalan kaki yang melintasi jalan penuh duri.

Selengkapnya

Viral Mantan Dirut BEI Ungkap Ekonomi dan Pasar Modal Ambruk
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 15:18 WIB

Eramuslim.com – “Bismilahirohmanirohim”. Ya Allah, ya Tuhan kami. Saat ini pasar modal Indonesia sedang dalam cobaan berat. Engkau nyalakan api membara meluluh lantakan harga saham. Angin kencang Engkau tiupkan mengkocar-kacirkan para pemodal. Gempa menggoyang, menghancurkan dan menjatuhkan para pelaku. Bahkan hawa dingin Engkau hembuskan, membekukan langkah para regulator dan otoritas,”

Selengkapnya

Awas! Anak Rentan Alami Kerusakan Otak Langka Akibat Covid-19
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 15:03 WIB

Eramuslim – Jika remaja cenderung lebih tahan terhadap infeksi Covid-19, anak-anak mungkin lebih rentan terhadap penyakit sekunder yang memicu kerusakan langka pada otak. Sindrom ini dikenal sebagai sindrom inflamasi multisistem pada anak (MIS-C).

Sindrom MIS-C memiliki gejala mirip dengan sindrom Kawasaki yang menyebabkan pembengkakan di arteri di seluruh tubuh. Merujuk pada studi terbaru dari Inggris ditemukan bahwa beberapa pasien anak dengan Covid-19 telah mengembangkan MIS-C, suatu kondisi di mana semua bagian tubuh bisa meradang, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata, dan organ pencernaan.

Selengkapnya

Dua Tenaga Kesehatan yang Positif COVID-19 di Sidoarjo Meninggal dalam Sehari
2020-07-08 06:10:37+00:00     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:48 WIB

SIDOARJO–Kabar duka kembali datang dari tenaga kesehatan di Sidoarjo. Dua tenaga medis terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal pada hari Senin (7/7/2020). Keduanya bertugas di Puskesmas Krembung dan Puskesmas Kedungsolo Kecamatan Porong.

Dua tenaga kesehatan itu yakni dr H Agus Pramono (49) dokter umum yang bertugas di Puskesmas Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong. Sedangkan Ida Istiningtyas (36) bertugas sebagai bidang senior di Puskesmas Kecamatan Krembung, Sidoarjo.

Selengkapnya

Nama Ayah Khabib Nurmagomedov Diusulkan Jadi Nama Desa di Dagestan
2020-07-08 05:15:44+00:00     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:48 WIB

RUSIA–Nama almarhum Abdulmanap Nurmagomedov, ayah Khabib Nurmagomedov, diabadikan menjadi nama sebuah desa di Dagestan, Rusia. Desa tersebut tak lain adalah Desa Kirovaul, tempat Nurmagomedov tinggal selama hidupnya.

Seperti diketahui, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia pada 3 Juli 2020 waktu setempat dalam usia 58 tahun. Semasa hidup, dia dikenal sebagai pelatih martial art yang berhasilmencetak petarung berprestasi di UFC. Salah satunya adalah Khabib Nurmagomedov.

Selengkapnya

Dijaga Ketat Polisi, 3.000 Penghuni Rusun di Melbourne Dikarantina Seperti Tahanan
Rabu, 8 Juli 2020 - 14:33 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:48 WIB
Hidayatullah.com—Di tengah kemunculan wabah coronavirus gelombang kedua seluruh wilayah kota Melbourne, Australia, diperintahkan menjalani lockdown kembali selama 6 pekan. Namun, […]

Selengkapnya

China Ubah Metropark Hotel di Hong Kong Jadi Kantor Keamanan Nasional
Rabu, 8 Juli 2020 - 14:22 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:48 WIB
Hidayatullah.com—China membuka kantor keamanan nasional yang baru di Hong Kong hari Rabu (8/7/2020), mengubah sebuah hotel yang terletak dekat taman […]

Selengkapnya

Lindungi Bumiputera, MUI Minta Tenaga Kerja Asing Dibatasi dalam RUU Cipta Kerja
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:48 WIB

Eramuslim.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak pemerintah dan DPR mempertimbangkan Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja. Materi muatan menurut MUI harus didasarkan pada keadilan dan sebesar-besarnya kemakmuran terhadap rakyat dan pembatasan tenaga kerja asing (TKA).

Dalam surat resmi terkait pandangan dan sikap MUI terhadap RUU Cipta Kerja, Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas menyampaikan RUU Cipta Kerja harusnya berisi dengan semangat kebersamaan yang berorientasi melindungi kedaulatan ekonomi rakyat dan ekonomi nasional.

Selengkapnya

Pengadilan Jerman: Berlebihan, Lockdown Sekitar Rumah Jagal Harus Dihentikan
Rabu, 8 Juli 2020 - 14:11 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:33 WIB
Hidayatullah.com—Pengadilan di Jerman mengakhiri kebijakan penguncian wilayah atau lockdown yang diberlakukan di daerah sekitar sebuah rumah pemotongan hewan yang menjadi […]

Selengkapnya

Pandemik Covid-19 Bagi Anak-anak Afghanistan: Kerja Jadi Buruh Atau Menikah
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:18 WIB

Eramuslim.com – Di tengah pandemik, tidak terlihat lagi anak-anak di Afghanistan yang bermain di pekarangan rumah bersama temannya. Suasan perkampungan senyap, bukan karena anak-anak itu menderita masalah kesehatan. Hanya sedikit anak-anak di Afghanistan yang terdampak masalah kesehatan di tengah pandemik, tetapi begitu banyak yang terdampak karena masalah ekonomi.

Pandemik membuat membuat keluarga mereka mengalami ketidaksetaraan yang tidak dihadapi negara-negara kaya. Para orangtua yang kebingungan harus memberi makan apa pada mereka, akhirnya tidak mempunyai pilihan; Menyuruh mereka bekerja jadi buruh kasar atau menikah!

Selengkapnya

Waspada! Azab Kubur Kebanyakan Sebab Air Kencing
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 14:03 WIB

DARI Abu Hurairah radiyallahu anhu berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, Bersucilah dari air kencing, karena kebanyakan azab kubur disebabkan olehnya.” (HR Ad Daroquthni)

Fawaid Hadits:

1. Anjuran untuk berhati-hati dari cipratan air kencing.

2. Penetapan akan adanya adzab kubur.

3. Salah satu sebab seseorang di azab di kuburnya adalah akibat tidak memperhatikan masalah ini. (inilah)

Selengkapnya

Mentan SYL Minta Restu Komisi IV Soal Kalung Corona: Dilanjut Apa Tidak?
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:48 WIB

Eramuslim.com -Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta restu kepada Komisi IV DPR RI untuk meneruskan atau menghentikan program produksi kalung anti virus corona baru atau Covid-19.

Pasalnya, saat ini kalung corona tersebut telah menuai polemik di kalangan masyarakat lantaran diklaim ampuh membasmi Covid-19. Padahal, belum ada uji klinis yang dilakukan baik di Kementan maupun di Kemenkes.

Selengkapnya

Aboe Bakar Al-Habsy Pertanyakan Pihak yang Ngotot Bahas RUU HIP
Rabu, 2020-07-08 13:28     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:33 WIB
Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa Pemerintah dan DPR perlu duduk bersama untuk menyepakati pembatalan RUU HIP.

Selengkapnya

Zionis ‘Israel’ Defisit $16,9 Miliar Karena Covid-19, Defisit Terbesar dalam Sejarahnya
Rabu, 8 Juli 2020 - 13:14 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:33 WIB
disebabkan pandemi membuat Zionis ‘Israel’ defisit anggaran hingga 58,2 miliar shekels ($16,9 miliar) atau sekitar 244 Triliun rupiah

Selengkapnya

Misteri Batalyon Asal Texas AS Yang Hilang di Bogor
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:33 WIB

Eramuslim.com – Pulau Jawa adalah kunci. Siapa yang menguasai Jawa, akan menguasai Nusantara yang kaya alamnya. Jepang menyadari ini demi menunjang keberlanjutannya di Perang Pasifik. Alhasil, kepentingannya pun berbenturan dengan Sekutu, yang Belandanya sudah lebih dulu menguasai Nusantara.

Di Laut Jawa, Komando ABDA (Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Australia) berjibaku dengan Jepang sejak 28 Februari 1942. Kapal penjelajah HMAS Perth (Australia) dan USS Houston (AS) jadi korban. Hal itu membuat Komando ABDA di darat cemas sambil sebisanya menghimpun kekuatan yang dipusatkan di Bandung.

Selengkapnya

Rusia Veto Perpanjangan Operasi Pengiriman Bantuan di Lintas Perbatasan Suriah
Rabu, 8 Juli 2020 - 12:54 WIB     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:18 WIB
“Rezim Suriah dan Rusia tidak hanya telah menggusur jutaan warga Suriah, tetapi juga berusaha mencuri dan menjarah pengiriman bantuan PBB saat ini”

Selengkapnya

Ketua ProDEM: Buronan Lalu Lalang Bukan Ditangkap Malah Dilayani Bagai Raja
-     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:18 WIB

Eramuslim.com -Pandemik virus corona baru atau Covid-19 telah membuat masyarakat menjadi kian sekarat. Penghasilan yang menurun, pemutusan hubungan kerja, hingga ancaman kesehatan terus menghantui.

Di satu sisi, kata Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule, pemerintah justru mempertontonkan kejenakaan. Pemerintah justru sibuk membagi-bagi proyek dan jabatan, sementara rakyat seolah tidak menjadi perhatian sama sekali.

Selengkapnya

Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Digugat ke PTUN
Rabu, 2020-07-08 12:57     |     Waktu unduh: 2020-07-08 13:03 WIB
Pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Yanuar mengajukan gugatan ke PTUN atas pencabutan asimiliasi kliennya.

Selengkapnya